Pengembangan LKPD Bermuatan Nilai religi pada Materi Koloid kelas XI
PDF

Keywords

StudentWorksheet, religious value, colloid

How to Cite

Gunana, C. N., Sulastri, & Rusman. (2021). Pengembangan LKPD Bermuatan Nilai religi pada Materi Koloid kelas XI. PENCERAHAN, 15(1), 29-43. Retrieved from https://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/49

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD bermuatan nilai religi pada materi koloid yang telah dilakukan mengacu pada kondisi di SMA Negeri 4 Banda Aceh, SMA Negeri 5 Banda Aceh, SMA Negeri 8 Banda Aceh, SMA Negeri 12 Banda Aceh, dan MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD bermuatan nilai religi yang layak digunakan untuk pembelajaran pada materi koloid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru kimia dan 10 peserta didik kelas XII dari masing-masing sekolah. Data yang diperlukan pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar respon. Analisis data menggunakan indeks Aiken’s, IRA, dan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validasi kelayakan LKPD bermuatan nilai religi memperoleh persentase sebesar 92,05% dengan kategori sangat valid. Nilai persentase hasil angket respon guru dan peserta didik masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai sebesar 91,88% dan 88,65%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD bermuatan nilai religi pada materi koloid kelas XI layak digunakan dan mendapatan respon yang sangat baik dari guru maupun peserta didik.

PDF

References

Fitriani, F., Mahmud., dan Darmana, A. 2016. Pengembangan dan Standarisasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-nilai Spiritual untuk Kelas XI SMA/MA Semester 1 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1): 13.

Komalasari, I., Kusdiana, A., dan Ganda, N. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbicara Berbasis Kearifan Lokal melalui Permainan Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4): 250.

Latifah, Setiawati dan Basith. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Nilai–nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5 (1): 44-46.

Munandar, H., Yusrizal., dan Mustanir. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1): 36.

Rahmawati, Y. 2018. Peranan Transformative Learning dalam Pembelajaran Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad Ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1): 3.

Sadia, I,W. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1): 14.

Sari, N.K., dan Suprihatin, S. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Nilai Keislaman pada Materi Pengangguran Kelas XI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1): 36-44.

Sulastri. 2018. Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sulastri., Nazar, M., dan Adiska, D.N. 2018. Pengembangan Hand-Out Konsep Larutan Berintegrasi Nilai Religi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA pada Pondok Pesantren Terpadu. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2): 99.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Array