AKREDITASI SEKOLAH, NILAI UNBK DAN ULASAN ONLINE MENGHADAPI GLOBALISASI DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI ACEH
PDF

Keywords

Akreditasi Sekolah
UNBK
Ulasan Online
Revolusi Industri 4.0

How to Cite

M. Iqbal. (2019). AKREDITASI SEKOLAH, NILAI UNBK DAN ULASAN ONLINE MENGHADAPI GLOBALISASI DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI ACEH. PENCERAHAN, 13(1), 1-16. Retrieved from http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/7

Abstract

Teknologi digital berkembang begitu cepat dan terus merubah kebiasaan manusia dalam menyelesaikan permasalahannya dalam berbagai bidang. Begitu juga dalam bidang pendidikan, semakin banyak pendidikan di luar sekolah secara online yang mampu memberikan solusi yang bermanfaat dan kreatif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam menunjang proses belajar. Badan Akreditasi Nasional sebagai pelaksana akreditasi di Indonesia telah melakukan banyak hal dalam melakukan pengembangan dalam proses penilaian sebuah lembaga pendidikan sesuai dengan standar penilaian akreditasi. Nilai ujian nasional juga terkadang menjadi ukuran keberhasilan sebuah institusi pendidikan. Namun dengan hadirnya perkembangan revolusi industri 4.0,  dalam bidang pendidikan juga ikut mempengaruhi publik untuk menilai suatu institusi pendidikan dengan cara baru. Perangkingan sebuah lembaga pendidikan memasuki era baru dengan hadirnya penilaian publik dalam aplikasi tertentu dan memiliki fitur ulasan online yang memudahkan masyarakat dalam menentukan penilaian lembaga publik di suatu daerah. Kehadiran fitur tersebut semakin memudahkan dan mendorong berbagai pihak untuk terus mengembangkan diri dengan cara baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara nilai akreditasi sekolah dan nilai ujian nasional dengan ulasan online, dengan fokus pada sekolah di Aceh sebagai studi kasus serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam menghadapi penilaian publik dalam bentuk ulasan online seiring dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Untuk membangun sistem penilaian publik yang baik terhadap sekolah, kita perlu melakukan pengembangan pada Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar PTK, Standar Sarpras, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan  Standar Penilaian sesuai dengan prinsip akreditasi sekolah sehingga terus meningkatkan partisipasi dan penilaian ulasan online untuk seluruh sekolah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat erat antara nilai akreditasi sekolah, nilai ujian nasional dan ulasan online. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah harus segera berbenah sebelum memperoleh ulasan yang kurang baik dari publik, sebuah institusi pendidikan akan dinilai oleh publik secara langsung tanpa dijembatani oleh organisasi tertentu seperti sebelumnya, masyarakat dapat langsung mengakses setiap informasi secara mendetail tentang sebuah institusi dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. Sebuah masukan publik menjadi masukan yang sangat berarti untuk sebuah institusi disamping proses akreditasi yang juga harus terus dilakukan dengan kualitas yang semakin baik.

PDF

References

Andika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Eco-Entrepreneurship, 1(1), 190–197.

Astri, W., & Latifah, L. (2016). Pengaruh Personal Attributes, Adversity Quotient dengan Mediasi Self Efficacy Terhadap Minat berwirausaha. Journal unnes, 5(2), 519–531.

Davis, B. (2009). The Essentials of School Leadership. Singapore: SAGE Publication Asia-Pacific Pte Ltd.

Fitri, W., Dwi, F., Salwa, dan Raden, M.S. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 308-312.

Iqbal, M., Yusriza, dan Subianto, M. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Siswa SMA Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Syiah Kuala University, 1 Oct. 2016,

Irawan, A. D. (2016). Revolusi Industri 4.0?: Dampak dalam Berbagai Aspek. Essay.

Kusmantini, T. (2011). Analisis Pengaruh E-Readiness Factors terhadap Intensi UKM Adopsi e-Business. Seminar Nasional Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis 1Untar, 46–61.

Lafky, J. (2014). “Why Do People Rate? Theory and Evidence on Online Ratings”. Games and Economic Behavior, 87, 554–570.

Mariani, Marcello M, and Ulrike, G. (2019). “Online Reviews: Differences by Submission Device.” Tourism Management, 70, 295–298.

Mesarosh, Karl, and Fu-Shing Sun. (2017). “A Framework for Analyzing Online Customer Ratings.” 25th International Conference on Systems Engineering (ICSEng)

Nugroho, dan Yusuf, S. (2016). “Implementasi Data Warehouse Dan Data Mining Untuk Pengembangan Sistem Rekomendasi Pemilihan SMA.” Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), 49-54 “Penyelarasan Standar Nasional Pendidikan Dan Sistem Akreditasi.” BSNP Indonesia, bsnp-indonesia.org/2018/10/10/penyelarasan-standar-nasional-pendidikan-dan-sistem-akreditasi/.

Rahmad, I., Ahmad, D, dan Machmud, S. (2018). Kontribusi Minat Berwirausaha dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 945-954.

Raymond, T. (2016). Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. Research Gate.

Sujanto dan Bedjo. (2009). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah; Metode Pengelolaan Sekolah dan Otonomi Daerah. Jakarta: Sagung Seto

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array