EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEHEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEH
PDF

Keywords

Aplikasi Schoology
motivasi belajar
Peserta Didik
Respon

How to Cite

ZAHARA, S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEHEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI SCHOOLOGY DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 BANDA ACEH. PENCERAHAN, 14(2), 177-199. Retrieved from http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/38

Abstract

Dalam masa pandemi COVID-19 Pemerintah Aceh menginstruksikan untuk tidak melaksanakan proses pembelajaran luring (tatap muka) terutama di daerah berzona merah. Proses pembelajaran daring merupakan solusi yang ditempuh oleh Satuan Pendidikan dalam rangka memfasilitasi peserta didik memahami materi pembelajaran. Kepala sekolah dan guru SMA Negeri 9 Banda Aceh memilih aplikasi schoology dalam proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi motivasi, dan respon peserta didik dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi schoology. Penulisan jurnal ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Yang menjadi objek penelitian  adalah peserta didik  kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan Studi Kepustakaan dan studi Lapangan. Selanjutnya, peneliti melakuakan analisa terhadap angket respon dan motivasi belajar peserta didik terhadap penggunaan aplikasi schoology dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menggambarkan bahwa peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi, dan memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi schoology dalam pembelajaran daring.

PDF

References

Arifin, Zainal.(2009).Evaluasi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Creswell, John W.(2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar. (2003). Metode mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Mujiburrahman.(2011). Pendidikan Berbasis Syariat Islam Di Aceh. Banda Aceh: Pemerintah Aceh Dinas Syariat Islam.

Pahyono, dkk.(2005). Stategi Pembelajran Efektif, Model Pembelajaran Kooperatif Learning.Makalah disampaikan pada diklat guru kurikulum KBK di LPMP Jawa Tengah.

Ramayulis.(2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam`. Jakarta: Kalam Mulia

Sarmidan.(2001).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Persada

Syah, Kaoy.(2005). Memahami Belajar Di Sekolah (Suatu Wawasan Baru Ilmu Jiwa Pendidikan) . Banda Aceh: Yayasan Pena .

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

https://www.covid19.go.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Array